Kamis, 09 Juni 2011

KRS: Tradisi yang Mengesankan


 Aku baru nyadar kalau ternyata selama bulan Mei blog ini tak tersentuh cerita begok dari jemari yang lemah gemulai ini. Awal Juni seperti ini, selain momen UAS yang ditunggu-tunggu, Masa pra KRS pun juga dinanti-nanti ratusan warga FISIPOL UGM. 

Dan aku baru nyadar bahwa tradisi ini sangat mengesankan tiap semesternya.

KRS atau yang tidak lain tidak bukan Kartu Rencana Studi adalah momen dimana mahasiswa memilih secara mandiri matakuliah yang akan dipelajari semester mendatang. Istilah ini aku kira, sama dengan kampus kampus yang lain. Tapi apa daya, di kampusku momen ini sering menuai sumpah serapah.

Berlagak sok sophisticated, atau memang usaha kita semua beradaptasi dengan teknologi canggih, KRS menjadi momen mengakses portal akademik berjam-jam lamanya. Bisa jadi karena server kampus, atau aplikasi yang dipakai kampus, atau gangguan teknis kata admin kampus, membuat pra-pengisian ini macet total.

Seperti menunggu perayaan tahun baru, saat dibukanya masa pengisian KRS, pukul 00.00 WIB  serentak para mahasiswa bertubi-tubi mengakses portal dengan ganas. Usul mbejog alangkah  indahnya jika momen ini bertepatan dengan ulang tahun kampus. Sesuai tradisi, mengucap pada jam 00.00 lebih bermakna ketimbang esok jam 06.00. 

Mengapa mereka seganas itu? (*saya juga bagian dari mereka). Ini menyangkut nasib masa depan kuliah selanjutnya, Saudara-saudara. Kuota kelas yang terbatas menyebabkan mahasiswa mengaktifkan naluri liarnya untuk berebutan, keroyokan, tawuran, demi kursi kelas matakuliah tertentu. Tentu, implikasinya ada beberapamatakuliah yang dalam hitungan jam full, ada yang dalam hitungan hari sepi. 

Dialog seperti ini biasa terjadi

x: "eh lu dapat kelasnya pak Anu?"
y: "kagak, telat.. asem! pas klik terakhir masih sisa dua, pas loading gagal.. udah diambil duluan."
x: "wakakakkak, nasib lu ngenes banget dah. bu Ano kan killer, tugas banyak, pelit nilai lagi."
y: "gimana lagi? terpaksa.. siap-siap ngulang deh."
x: "mantap meen.."
y: *muka kelabu, muram.

Begitulah. Momen ini sangat menyiksa bagi kami jika matakuliah yang diincar tidak berhasil ditangkap. Ironisnya, hanya gara-gara KRS mahasiswa cukup ahli menerawang memprediksi takdir KHSnya (Kartu Hasil Studi).

Padahal katanya sih, dulunya, KRS-an dilakukan secara manual menggunakan kertas. Lalu pihak staff kampus akhirnya membuka masa Pra-KRS, sebelum UAS, sebelum tahu IP kami berapa. Pertimbangannya mungkin biar keroyokan dapat diantisipasi. 
Kenyataannya? Nggak juga.

Kalau udah seperti ini fanpage kampus penuh dengan protes, admin terpojok, dan dekan masih berleha-leha nonton debat di Metrotv (*lho?)

Berikut beberapa wall di fanpage kampus:


FireFox dah ga detect.. maka mungkin 1. lagi diperbaiki, 2 Meledak
(ngakak bacanya, mahasiswa memang penuh imajinasi)

mas adminnya juga lagi ikut minggu tenang???
(mas admin lagi liburan dong, ke Hawai)

adminnya g brni konfirmasi..lepas tangan, BAGUS!!!!!!!
(suruh Tifatul lepas jas)

Bayar BOP telat = ancaman sanksi akademik,pengumuman ditempel disegala penjuru kampus... Portal tak mampu mewadahi mahasiswa=adminnya anteng,akademik tenang tanpa permohonan maaf dan pemberitahuan... setimpal??
(kritis, dan marilah kita anarkis. :P, hack saja deh..)

Min, gini nih fasilitas yg dimiliki World Class University ?
Mau KRS aja ribetnya minta ampun.
(ampuni Universitas Kelas Dunia ini Tuhan \m/)

‎502 BAD GATEWAY 502 BAD GATEWAY 502 BAD GATEWAY502 BAD GATEWAY 502 BAD GATEWAY 502 BAD GATEWAY 502 BAD GATEWAY 502 BAD GATEWAY 502 BAD GATEWAY 502 BAD GATEWAY 502 BAD GATEWAY 502 BAD GATEWAY 502 BAD GATEWAY 502 BAD GATEWAY 502 BAD GATEWAY 502 BAD GATEWAY 502 BAD GATEWAY 502 BAD GATEWAY 502 BAD GATEWAY 502 BAD GATEWAY 502 BAD GATEWAY
(sebaiknya diganti surah Al Fatihah dan tahlil)

bad gateway....TOOOOOOOO IIIUU KOTO?? WAKARAHEN YA?????? FIX-SHITE KUDASAAAAAAAAAAAIIIII
(mbejog juga mau misuh pake' bahasa Rusia ah..)

semangat
(tanpa tanda seru dan tanda yang lainnya, bisa bayangin ekspresi yang ngetik di atas 
-___________-" = chayoo)

MIN ADMIN TUNJUKKAN BATANG HIDUNGMU!!
(Betewe, adminnya lumayan cling lho..)

Alhamdulillah, akhirnya saya bisa KRS an, lancar tanpa error.
 Terimakasih Admin, terimakasih action script.
sudahlah kawan-kawan, kasihan adminnya disalahin terus, ntar adminnya nangis lho....
(ini mahasiswa angkatan tua yang suka pamer dan kepedean)

mas admin, tolong dong kita besok senin mau ujian, masih banyak tugas juga. Mending krs ditutup sekarang! Daripada nggak jelas kapan selse diperbaikinya. terlunta2 ni..
(nggak terlalu berhubungan sih sama ujian dan tugas, jadwal tidur aja yang terlunta-lunta)


Direnungkan secara lapang dada dan toleransi, mas admin adalah tumbal dari kapitalisme kampus. Kalau boleh usul, adakan KRC saja (Kartu Rencana Cuti). Tapi bagaimanapun juga, di kala duka siksa seperti ini, suatu saat pasti aku akna merindukannya. KRS memang mengesankan! 

d^^b


1 komentar: